10 Manfaat Sinar Ultraviolet dan Bahayanya

Cahaya ultraviolet atau seringkali dikatakan sebagai cahaya UV adalah sisi dari cahaya matahari yang tidak kelihatan atau terlihat oleh mata.


Type Cahaya ultraviolet

kegunaan cahaya ultravioletBerdasarkan panjang gelombang, cahaya ultraviolet dibedakan jadi dua type, yakni :

Baca Juga : obat kuat makassar

Hampir UV, yakni cahaya ultraviolet dgn panjang gelombang pada 380-200 nm
UV vakum, yakni cahaya ultraviolet dgn panjang gelombang pada 200-10 nm.




Kegunaan Cahaya Ultraviolet
Cahaya ultraviolet mempunyai beberapa kegunaan untuk keberlangsungan kehidupan makluk di bumi, salah satunya :

1. Sumber natural vitamin D

Misalnya kita tahu, kegunaan vitamin D mempunyai beberapa andil penting buat badan misalnya :

tingkatkan penyerapan kalsium serta fosfor dari makanan
menolong menguatkan tulang, gigi
menolong tingkatkan skema kebal badan
turunkan kemungkinan terjangkitnya beberapa type masalah kesehatan misalnya rakhitis (masalah kesehatan pelunakan tulang pada beberapa anak)
menahan kanker usus besar
menghindarkan eksim
menahan masalah kesehatan kuning.
dua. Menolong penyembuhan masalah kesehatan

Psoriasis, yakni masalah akut pada kulit yang mengakibatkan kulit bersisik,gatal, kering, ada bercak merah yang menyakitkan. Fungsi dari cahaya UV ialah dgn perlambat perkembangan beberapa sel kulit dan kurangi gejalanya.
Lupus vulgaris ( TBC kulit ), yakni masalah kesehatan yang membuahkan borok besar di wajah serta leher. Masalah kesehatan ini tidak mudah sembuh serta seringkali tinggalkan sisa luka yang begitu menggannggu tampilan. Seseorang ahli kesehatan asal Denmark bernama Neils Finzen meningkatkan satu penemuan berbentuk lampu UVB yang bisa mengobati masalah kesehatan ini.
Vitiligo, yakni hilangnya pigmentasi kulit yang dikarenakan oleh rusaknya beberapa sel penghasil pigmen / melanosit. Dlm pengobatannya, pasien diberi pengobatan yang dimaksud psoralen untuk bikin kulit lebih peka pada cahaya UV serta seterusnya terserang radiasi UV – A.
tiga. Tingkatkan Mood

Riset tunjukkan jika kegunaan smatahari bisa mengstimulasi kelenjar pineal dlm otak untuk menghasilkan bahan kimia tryptamines. Cahaya matahari bermanfaat untuk tingkatkan situasi hati (mood).

empat. Menolong proses deteksi makanan

Buat binatang misalnya burung, reptil, serta beberapa type serangga, cahaya UV bisa menolong untuk temukan sumber makanan, misalnya buah-buahan yang masak, bunga, dan biji-bijian.

lima. Menolong proses navigasi serangga

Beberapa macam serangga memakai pancaran cahaya UV dari beberapa benda langit untuk menolong proses navigasi dlm penerbangan. Oleh karena itu kadang pancaran sinar bisa menarik serangga terbang.

enam. Menolong proses desinfeksi serta sterilisasi kuman serta bakteri

Cahaya UV begitu efisien membunuh mikroorganisme misalnya virus dan bakteri dgn langkah tembus membran sel serta merusak DNA, hingga potensi virus serta bakteri untuk bereproduksi serta berkembang biak dapat di stop. Misalnya di dunia medis, cahaya UV dipakai untuk mensterilkan alat-alat kesehatan, dan ruangan operasi.

tujuh. Menolong menahan beberapa type kanker

Satu riset mengatakan jika paparan cahaya matahari dlm tingkat tersendiri, bisa menolong menahan terjangkitnya beberapa type kanker, misalnya kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus.

delapan. Membuat perlindungan kulit waktu tersengat cahaya matahari

Cahaya UV bisa mengstimulasi melanosit (sel yang terdapat di susunan paling bawah stratum basal pada epidermis kulit, susunan tengah mata, telinga dlm, meninges, tulang serta jantung) untuk membuahkan semakin banyak pigmen melanin. Ini nanti akan membuat perlindungan kulit dari tidak aman cahaya matahari, misalnya terjangkitnya kanker kulit.

Diluar itu, cahaya matahari dapat mengstimulasi ketebalan susunan sisi atas kulit. Perihal ini pula yang jadikan kulit lebih kuat melawan beberapa permasalahan, misalnya luka serta paparan cahaya matahari tersebut.

sembilan. Menolong proses fotosintesis pada tanaman

Cahaya ultraviolet bisa menolong proses fotosintesis yang membuahkan zat makanan misalnya karbohidrat. Proses memasak makanan ini, dikerjakan oleh tumbuh–tumbuhan yang memiliki kandungan zat hijau daun (klorofil), alga serta beberapa macam bakteri.

sepuluh. Membunuh bakteri dlm air minum

Pada depo-depo air, proses penyaringan air memerlukan proses yang steril serta higienis untuk membuahkan air yang murni dan bebas dari kuman masalah kesehatan. Dlm proses penyaringan ini, cahaya ultraviolet dipakai untuk membunuh bakteri pada air yang tengah di saring.

Tidak aman Cahaya Ultraviolet

Tidak hanya mempunyai beberapa kegunaan, kita harus juga waspada beberapa tidak aman paparan cahaya UV, misalnya :

1. Pemicu berlangsungnya kanker kulit

Cahaya UV memiliki kandungan karsinogen ( zat yang bisa memunculkan kanker ) yang paling umum pada lingkungan. Satu riset tunjukkan jika, cahaya UV adalah pemicu penting berlangsungnya kanker kulit misalnya karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, serta melanoma.

Kanker kulit diikuti dgn timbulnya bintik-bintik coklat pada kulit. Karena itu dianjurkan untuk memakai sunblock setiap saat melakukan aktivitas dibawah sinar matahari.

dua. Bisa Membakar kulit

Cahaya UV, terutamanya UV-B bisa menyebabkan sel kebal badan yang ada di kulit melepas histamin dlm jumlahnya yang besar. Ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah, peradangan kronis, dan bisa mematikan beberapa type sel kulit yang berefek pada berlangsungnya pengelupasan pada kulit. Penggunaan sunblock bisa kurangi kemungkinan terbakarnya kulit.

tiga. Percepat proses penuaan awal

Cahaya UV bisa menyebabkan hancurnya kolagen serta jaringan ikat dibawah susunan atas kulit. Perihal ini pula yang mengakibatkan kulit jadi keriput, kecoklatan, ada bintik-bintik, dan hilangnya fleksibilitas kulit.

empat. Mengakibatkan kerusakan skema kebal badan

Paparan radiasi UV yang berlebihan bisa menyebabkan tidak aman pada skema kebal badan. Sengatan cahaya matahari bisa merubah distribusi serta manfaat sel darah putih untuk menantang masalah kesehatan. Hingga bisa mengakibatkan rusaknya skema kebal yang membuat perlindungan badan dari bakteri, mikroba, virus, toksin serta parasit.

lima. Menyebabkan rusaknya pada mata

Kelamaan ada dibawah paparan cahaya ultraviolet pada intensitas yang tinggi bisa mengakibatkan rusaknya jaringan beberapa sel pada mata dan menyebabkan kemungkinan berlangsungnya photokeratitis. Kondisi ini misalnya sensasi terbakar pada permukaan mata. Bila makin kronis, masalah ini bisa mengakibatkan berlangsungnya komplikasi.

Pada tahun 1998, Journal of American Medical Association mengatakan jika cahaya matahari bisa tingkatkan resiko rusaknya pada mata misalnya katarak, kebutaan, pterygium serta Pinguekula. Radiasi cahaya UV bisa menyebabkan reaksi oksidasi pada lensa mata, hingga bisa memunculkan kekeruhan pada lensa mata. Oleh karenanya, semestinya pergunakanlah kacamata hitam waktu kamu tengah ada dibawah cahaya matahari yang terik.

enam. Bisa Memudarkan Warna

Cahaya UV dapat mengubah pigmen atau zat pewarna yang biasa dipakai pada makanan, kain, plastik, cat, tinta, serta beberapa bahan yang lain.

tujuh. Bisa Melumerkan Plastik

Beberapa type bahan polimer yang biasa dipakai untuk menyimpan beberapa barang customer misalnya plastik, nilon serta polystyrene, bisa pecah atau kehilangan kemampuan sebab paparan cahaya UV.

Demikian beberapa kegunaan cahaya ultraviolet serta bahayanya buat kehidupan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Janggot Bagi Kesehatan

Mengenal Berbagai Jenis Tambalan Gigi dan Cara Merawatnya