Mengenal Berbagai Jenis Tambalan Gigi dan Cara Merawatnya

Tidak hanya cabut gigi, tentu Kamu tidak asing kembali dgn arti tambal gigi. Tambal gigi seringkali dilukiskan saat gigi yang rusak atau berlubang diperbaiki dgn bahan spesial untuk tutup lubang pada gigi. Terdapat beberapa perihal yang perlu Kamu tahu mengenai tambal gigi. Mari baca penuturannya di sini.

Baca Juga : praktek dokter gigi di palu

Keadaan gigi yang misalnya apakah yang perlu ditambal?
Ada berapakah keadaan gigi yang butuh ditambal, yakni:

- Gigi berlubang
- Gigi patah
- Alami rusaknya jaringan keras gigi misalnya atrisi serta abfraksi
- Gigi melakukan perawatan aliran akar

Pada seorang dgn resiko gigi berlubang yang besar, penambalan disarankan untuk menutupi ceruk gigi di gigi geraham (pit fissure sealant)
Tidak aman membiarkan gigi bolong atau rusak tidak ditambal
Lubang di gigi berbentuk irreversibel ataukah tidak dapat balik lagi memiliki bentuk misalnya gigi sebelumnya. Bila tidak ditambal, rusaknya gigi bertambah kronis serta makin luas, bahkan juga lubangnya dapat makin bertambah dlm.

Jika lubang sampai saraf gigi, ini akan memunculkan perasaan sakit. Seringkali, jika telah berikut, rusaknya gigi tidak dapat kembali diatasi dgn langkah tambal gigi biasa. Kamu mesti lakukan perawatan saraf gigi atau nama yang lain perawatan aliran akar.

Perawatan ini memerlukan durasi seputar 3 kali kunjungan. Tidak hanya lebih lama, cost perawatan saraf ini tambah mahal dibanding perawatan tambalan. Bila didiamkan lebih lama kembali, rusaknya gigi dapat begitu luas hingga gigi tidak dapat dipertahankan kembali serta pada akhirnya mesti dicabut.

Ada banyak type tambal gigi?
1. Tambalan langsung
Tambalan langsung dibagi jadi beberapa macam kembali:

Amalgam

Amalgam ialah tambalan berwarna silver (abu-abu) yang seringkali dipakai zaman dulu. Tambalan ini diketahui kuat serta bertahan lama, umumnya dipakai di gigi belakang sebab warnanya yang kurang estetik.

Akan tetapi, sesuai dengan dgn ketentuan Kementerian Kesehatan RI mulai tahun 2019 ini amalgam tidak bisa dipakai kembali sebab memiliki kandungan merkuri yang bisa membahayakan badan.

Resin komposit

Resin komposit ialah bahan tambal gigi yang umumnya mengeras dgn langkah disinar. Type ini pun dimaksud dgn tambal cahaya atau tambal laser. Keuntungan tambalan ini ialah berbentuk estetik, yakni warnanya dapat berbagai macam hingga dapat sesuai dgn warna asli gigi hingga seringkali dipakai untuk tambal gigi depan. Resin komposit pun cukuplah kuat serta gampang dibuat.

Glass ionomer cement (GIC) / semen ionomer kaca

Glass ionomer cement (GIC) atau semen ionomer kaca ini adalah tambalan langsung berwarna putih serta mempunyai keuntungan bisa melepas fluoride ke dlm gigi hingga bisa menahan gigi berlubang kembali.

Meskipun berwarna putih, tambalan GIC ini tidak dapat tampilkan warna yang sangat sama dgn gigi. Kekurangannya tambalan ini lebih tidak bertahan lama di banding 2 type tambalan diatas awal mulanya

Tambal gigi langsung umumnya dikerjakan untuk rusaknya gigi yang belumlah sangat besar. Tambalan gigi langsung ini pula berbentuk permanen. Akan tetapi, tambalan permanen ini tidak selama-lamanya bertahan dlm mulut. Menurut riset, rata-rata ketahanan tambalan amalgam ialah 20 tahun, resin komposit 10 tahun, serta GIC kira-kira 5 tahun.

2. Tambalan tidak langsung
Tambalan type ini tidak langsung bisa jadi sebab akan dibikin di laboratorium. Umumnya dikerjakan untuk gigi yang kerusakannya telah luas hingga tidak kuat bila ditambal langsung.

Tambalan tidak langsung ini dapat menutupi semua atau cuma beberapa permukaan gigi. Bahan yang dipakai umumnya logam, porselen, atau gabungan kedua-duanya. Type serta bahan yang pas akan berlainan bergantung masalah serta mesti ditanyakan dgn dokter gigi.

Setelah tambal gigi, apa ada pantangan yg mesti dijauhi?
Tentunya ada, tersebut banyak hal yang perlu Kamu jauhi:

Jauhi menggigit sangat keras serta menggigit makan lengket kira-kira 2 hari sesudah gigi ditambal
Jauhi mainkan tambalan dgn lidah atau dicungkil dgn tusuk gigi
Untuk tambalan type GIC, jauhi makan serta berkumur minimum 1 jam sesudah penambalan. Umumnya dokter akan memperingati perihal ini, serta esok harinya, dokter gigi akan lakukan pemolesan pada gigi Kamu yang ditambal.
Jika tidak nyaman, mengganjal, sakit, selekasnya kembali pada dokter gigi.
Bagaimanakah cara menjaga tambalan gigi supaya
Sikat gigi 2 kali satu hari pagi serta sebelum tidur
Jauhi menggosok gigi sangat keras
Jagalah kebersihan mulut supaya tidak tercipta lubang baru
Selekasnya ke dokter gigi jika Kamu mempunyai keadaan tambal gigi di bawah ini:

- Beralih warna
- Jumlahnya tambalan menyusut
- Patah
- Mulai senang terselip makanan
- Mulai muncul perasaan nyeri waktu makan atau minum yang dingin, panas, atau biasa saja

https://goo.gl/maps/vHmFswbKgeS2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Janggot Bagi Kesehatan

10 Manfaat Sinar Ultraviolet dan Bahayanya